Yuk ! Mengenal Musik Indie Dan Band Indie Populer Indo

sumber gambar : google


Apakah kamu menyukai lagu Indie ? bukan India yaa, tapi Indie. Beda pengertian.
Indie diambil dari kata Independent yang artinya sendiri, bebas, merdeka, nggak bergantung ataupun terikat pada apapun dan siapapun. Jadi, musik Indie adalah musik ataupun band musik yang berdiri sendiri, band mereka tidak bergantung pada label rekaman ataupun label musik manapun, mulai dari pembuatan lagu, pemasaran, mempromosikan lagu dan kebutuhan lainnya. Itu sebabnya lagu-lagu dari band Indie ini berbeda atau dalam artian non-mainstream dari lagu-lagu band yang dibawah naungan label rekaman.
Di Indonesia sendiri, perkembangan musik Indie sudah menjamur di banyak kalangan anak remaja yang menyukai dan yang mendirikan musik Indie, termasuk penulis yang juga doyan menghabiskan waktu untuk berselancar mengenai musik, begitu juga musik-musik Indie. Karena menurut penulis sendiri, band Indie memiliki ciri khas tersendiri dan itu yang membuat mereka unik.
Apa aja ? yuk simak

Nama Band
Mulai dari nama-nama band Indie sendiri, kebanyakan sejauh pengetahuan penulis mereka yang mendirikan band Indie memiliki nama yang unik dan tidak biasa. Coba bandingkan dengan band yang berada di bawah naungan manajemen rekaman, sangat berbeda. Contoh nama dari Band Indie : Payung Teduh, Mocca, BaraSuara, Efek Rumah Kaca dan lainnya, sedangkan Band yang bernaung di bawah manajemen rekaman : Ungu, Armada, Setia Band dan lainnya, namanya sangat familiar.
Sedikit banyaknya, jika kamu mendengar nama dari band Indie saja udah membuat bertanya-tanya, apa maksud dan arti dari nama band mereka kan ?

Judul Dan Lirik Lagu
Lirik lagu dari band Indie juga lebih mendayu-dayu ditelinga dan berisi kata-kata yang sederhana namun terkadang sulit dipahami, mungkin itulah bagian dari darah seni yang mengalir di hati dan fikiran para musisi band Indie, namun disisi lain terdapat kebanggan tersendiri bahwa masih banyak di negara kita para musisi dan  band katakanlah “berbobot”, yang mampu berdiri sendiri dan menjaga eksistensi mereka tanpa bergantung pada pihak lain. Karena banyak anak zaman sekarang masih dibawah umur yang bernyanyi soal cinta-cintaan yang tidak sesuai dengan usia mereka. 

Nada Musik
Nada-nada yang mengalun sebagai pengiring lagu juga merupakan hal utama yang menjadikan musik dari band Indie banyak dicintai dan terus disukainya oleh penggemarnya termasuk saya. Jalannya nada selama lagu diputar memiliki sensasi dan keasikan tersendiri bagi pendengarnya.
Dan berikut merupakan 7 band Indie terpopuler di Indonesia :

1.      Naif
Tentu kamu tau donk band dengan vokalis David ini, band yang sudah tak asing ini didirikan tanggal 22 oktober 1995.
2.      Burgerkill
Band asal Bandung ini terbentuk pada Mei 1995, band beraliran rock ini sangat terkenal terutama di kota asalnya yaitu kota Bandung.
3.      The Sigit
Merupakan kependekan dari “Super Insurgent Group Of Intemperance Talent”, band ini juga merupakan band Rock n Roll Indonesia yang berasal dari Bandung.

4.      Superman Is Dead
Jika kamu tau nge-fans dengan band ini tentu tau lagu “Sunset Di Tanah Anarki” kan ?. lagu tersebut merupakan lagu yang sangat populer bagi band Indie yang berasal dari Pulau Dewata Bali ini.
5.      Mocca
Band Indie yang selalu mendawaikan lagu bahasa inggris dan telah terkenal di Mancanegara ini merupakan band yang patut di banggakan, coba deh dengeri lagunya berjudul “Secret Admirer”.
6.      BaraSuara
Grup musik asal Jakarta yang digawangi oleh Iga Massardi yang juga salah satu vokalis yang kece, menjadikan band Indie ini menjadi salah satu yang terpopuler saat ini.
7.      Efek Rumah Kaca
Band Indie yang satu ini merupakan band yang juga sering berkolaborasi dengan BaraSuara di atas panggung. Salah satu lagu yang patut kamu dengeri dai vokalis Cholil Mahmud ini yaitu lagu “Desember”

Nah, itu tadi merupakan pengertian dan sejarah singkat mengenai band Indie. Buat kamu yang niat mendirikan sebuah band, tak ada salahnya kamu berkarya dengan menciptakan lagu kamu sendiri dan memasarkannya lewat jalur indie. Selama lagu kamu bagus, band kamu akan diterima di pasaran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Seseorang Memiliki Kecerdasan Musikal

7 Alasan Yang Bikin Kita Jangan Menilai Orang Dari Luarnya

Bingung Menetapkan Tujuanmu Setelah Wisuda ? Baca Ini Dulu Deh